Musik,Sahabat & Suasana Hati

​Sekitar tahun 2001 saya bersekolah di sebuah sekolah menengah atas (SLTA) swasta di Karang Rayung ( karang rayung mana sehhh…?). Karang rayung adalah salah satu kecamatan di kabupaten Grobogan, Jateng.

Perjalanan ke sekolah saya tempuh dengan naik angkutan umum (bus). Tapi sebelum naik bus saya harus berjalan kaki dulu sekitar 2 Km dari rumah saya.

Oh…iya… rumah saya itu di Soroweyo, ke arah barat kalau dari pasar Gadoh ( mana lagi itu lahh…). Pokoknya itulah hehehe…

3 tahun sekolah SMA rutinitas sehari-hari ya kaya gitu kalau mau berangkat.

Eh… 6 tahun ding. Waktu SMP saya juga sekolah ke Karang Rayung. Tepatnya di SMP Negeri 1.

Kembali lagi ke masa SMA,

Disini saya mulai mengenal dunia Band.

Waktu SMP emang dah bisa main gitar tapi masih kuper.

Menginjak kelas 2 SMA saya mulai hobi nge_Band.

Disitulah saya mulai berpikir luas bagaimana kalau saya punya band sendiri dan punya lagu sendiri.

Saat itulah saya bertemu dengan Rohmat Wibowo (Bowo-alhm), dan kita mulai ngeband biasa tapi masih pake personil acak, gonta-ganti gitu…

Ternyata ada cemistri ( gimana sih nulisnya hehehe ).

Saya bisa merasakan bahwa dia punya bakat alam sebagai drummer. Karna merasa cocok saya mulai serius mencari bassist (soalnya saya di bagian vocal dan gitar).

Ketemulah saya dengan mas Joko Priyadi (Joko). Kenapa saya panggil mas. Dia umurnya lebih tua dari saya dan lebih dewasa tentunya karna dia waktu itu sudah bukan anak sekolahan.

Dan ternyata mas Joko sudah punya puluhan lagu karya dia sendiri. Dan kebetulan saya juga punya lagu karya sendiri walau cuma beberapa.

Disitulah kami bertiga mulai serius ngeband.

Tapi kendala lagi-lagi ada di ekonomi. Uang jajan kami tidak cukup untuk sewa studio setiap hari. Waktu itu masih Rp.10.000/jam.

Kalau ada uang kami latihan di studio Pak Heri Jatisari (daerah mana lagi itu lahhhh….hehehe)

atau di studio Bang Jacky Karang Rayung.

Kalau gak ada uang kita cuma latihan mengaransemen lagu kita sendiri pakai gitar akustik. Dirumah Tri wijayanto salah satu teman terbaik saya sampai saat ini.

Kadang juga di rumah Bowo. Pernah kita sampai malam bahkan sampai gak tidurbuat latihan mengaransemen lagu kita, dari drumnya bagaimana,melodinya seperti apa, bass nya harus gimana dan sebagainya dan sebagainya….

Waktu itupun kami bertiga otodidak. Kami cuma ngandelin rasa (masakan kaleee…).

Dan akhirnya sukses…… beberapa lagu selesai kami aransemen sendiri.

Lama-lama kita berpikir, bagaimana kalo kita cari vokalis. Biar saya bisa fokus di gitar aja. Karna kebetulan suara saya juga gak berkarakter.

Masuklah Eka Nana Ristiana (ferbus…. dia cowok)

Genoot's Chaft

Genoot’s Chaft formasi pertama, Ki-Ka : Tulus,Ferbus,Bowo(almh),Djoko

Si Ferbus ini mantep banget daya ingatnya… bayangkan, lagu yg gak populer alias lagu bikinan sendiri yg kadang saya dan mas Joko lupa liriknya dia bisa hafal dgn sangat cepatnya.

Tapi maaf… suara si ferbus agak (maaf bangettttsss..) falssss… (oooooooouuuuggghhh)

Ferbus sih gak keluar tapi saya lupa tepatnya untuk mengartikan hal ini. Halahhhh… pokoknya dia udah gak sama kami lagi intinya.

Kita kembali bertiga.

Akhirnya dari temen ke temen kita ketemu Sulistyo (Lis) anak SMA BK O6 Juwangi. Rumahnya di sebelah selatan SMP 1 Juwangi depan palang.

Ternyata si Lis ini jago banget melodinya. Kemudian kita tawarkan project kita yg ingin membentuk band tetap dgn membawakan lagu karya sendiri.

Sejak itulah band kami lumayan hidup warna musiknya dan saya beralih posisi di… tetap vokal sih tapi sambil genjreng gitu kaya si Ariel Noah behehe…

Pernah kami ikut 2 kali parade band. Pertama di purwodadi (GOR Simpang Lima) dan di Gubug (Kawedanan).

Walau hasilnya nihil, bagi kami itu sebuah kebahagiaan yg tak ternilai karna itulah mimpi kami setiap hari.

Kami terus berlatih dan berlatih… Sampai pada suatu hari kami menyewa studio untuk rekaman. Tapi pake kaset pita. Rekaman pun Live. Jadi gak boleh miss.

Dan ternyata sukses… tak ada satu lagu yg miss. Dan jadilah satu kaset pita rekaman band kami dgn (10 apa 12 lagu ya… lupa heheh…) lagu karya kami yg juga kami aransemen sendiri.

Tapi gak tau sih kasetnya kemana sekarang.

Waktu terus berjalan….

Dan akhirnya saya dan Lis lulus SMA walau beda sekolah. Dan Bowo masih sekolah kelas 3 SMA. Karna memang adik kelas saya. Mas Joko tetap bekerja karna dia sudah tidak bersekolah.

Setelah lulus saya bercita-cita ingin merekam lagu kami sendiri di semarang. Karna biayanya mahal saya pun bekerja menjadi kuli bangunan di kalimantan. Kalo Lis dan Mas Joko di jakarta yg juga bekerja.

Di kalimantan saya bekerja di samarinda tepatnya membangun proyek stadion utama palaran untuk persiapan PON.

Tapi nasib berkata lain,

Dan hal yg sampai sekarang yang paling saya benci untuk mengingatnya.

Bowo meninggal karna kecelakaan.

Hancur hati saya….

Teringat masa-masa kita sekolah dulu…lompat pagar…

Makan singkong bakar malam-malam di lapangan bola sebelah timur rumahmu sambil ngaransemen lagu.

Merokok sebatang kita sama-sama.

Padahal sudah saya siapkan oleh-oleh stick drum dari kalimantan. Dan berharap kami bisa segera rekaman.

Sejak saat itu saya benci dgn hal yg berbau band. Apalagi di ajak ngeband.

Mungkin saya yg terlalu idealis yg tak lagi mau menghidupkan band kami.

Mungkin Bowo pun kecewa dgn saya…

Mungkin dia ingin kami tetap membangun band kami tanpa dia…

Saya mungkin bisa mencari atau menyewa drumer untuk band kami menggantikan posisi Bowo.

Tapi saya tak pernah bisa mengganti sosok dia di hati saya.

Seorang sahabat…

Rendah hati…

Care…

Smart…

Pokoknya… sudahlah……

Beberapa tahun terakhir Mas Joko sering berusaha menghubungi saya. Tapi saya terlalu sakit untuk mengingat Almarhum Bowo.

Buat Mas Joko saya minta maaf.

Sejak Bowo meninggal kita baru sekali kita ngeband dan Mas Joko tau sendirilah bagaimana saya.

Saya cuma ingin biarlah lagu kita dan band kita tetap ada walau cuma di hati kita.

Kita wariskan bakat kita pada anak cucu kita kelak.

Karna seiring waktu…. kita tak terasa sudah tua ya…. saya sudah 31 tahun.

——GENOOT’S CHAFT BAND—–

                (Bowo,Djoko,Tulus,Lies)

Advertisements

About tulusmaholtra

apapun karyamu... tampilkan !!!!
This entry was posted in Tak Berkategori. Bookmark the permalink.

4 Responses to Musik,Sahabat & Suasana Hati

  1. Ferboes says:

    Joss gandhozz lek…

    Like

  2. Ferboes says:

    Jozz gandhozz lek…. Kancutkan eh Lanjutkan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s