Flash Back Sejenak

Menulis… 1 kata yang sejak dibangku SD menjadi hobi saya. Biasanya sih menulis puisi. Itupun karna tuntutan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang juga menjadi mata pelajaran favorit saya. Keinget betul waktu ada lomba bidang studi saya menjadi juara 1 mata pelajaran Bahasa indonesia di tingkat apa saya lupa istilahnya. Pokoknya setelah lomba lagi ke tingkat kecamatan saya kalah.

Tapi dulu saya bingung harus menulis apa. Karna masih di bawah umur kali yaaak… Jadi cuma angan-angan kosong tanpa ada ide yang melintas di otak. Tapi hal itu tertolong oleh kegemaran saya membaca. Jadi walau saya tidak punya ide untuk menulis, setidaknya saya punya ide dan wawasan dari membaca. Dulu waktu saya masih di bangku SD banyak bacaan di rumah saya, dari koran, majalah hingga tabloid yang dibawa oleh Bapak saya sewaktu masih bekerja menjadi sopir di kota Semarang.

Flash Back tampilan saya sekitar tahun 2010




Beda zaman, beda usia, beda pergaulan berbeda pula hobi yang saya klaim menjadi hobi saya. Misalnya saja sewaktu di bangku SMP, hobi saya berubah drastis menjadi Sepak Bola. Tapi membaca masih, walau kadang kala. Tapi sewaktu dibangku SMP hobi menulis saya tersalurkan lewat Mading (Majalah Dinding) sekolah. Tentu saja artikel yang saya tulis bertema tentang Sepak Bola yang saya kutip dari salah satu Tabloid olahraga terpopuler waktu itu. Yang sekolah SMP nya antara tahun 1997 s/d tahun 2000 pasti tahu nama Tabloid itu.

Di masa SMP itu pula saya punya beberapa teman dekat yang sehobi bola dengan saya. Predi Susanto (Inter Milan), Aris Sugiharto (Chelsea), Eriyanto Wibowo (Lazio), Ribut Wahyudi (Liverpool) serta teman-teman lain yang tidak bisa saya sebut satu persatu dan tentu saja klub favorit saya adalah Manchester United. Sering kelas kami taruhan main bola melawan kelas lain. Bahkan pernah menang taruhan melawan SMU 1. Dan sampai sekarang hobi bola masih menjadi bagian dari hobi yang saya favoritkan.

Di bangku SMP kelas 2 saya mulai ‘nakal’. Sudah mulai merokok dan mengkonsumsi alkohol. Bahkan saya berani mewarnai rambut saya menjadi merah. Terlalu fatal untuk anak seusia saya yang bersekolah di SMP Negeri 1. Padahal pada waktu masih Kelas 1 Caturwulan I (sekarang semester) saya adalah juara kelas dengan peringkat pertama.  Tapi semua berubah drastis semenjak kelas 2 SMP. Saya sudah sering bolos sekolah. Dan puncaknya kenakalan saya adalah pada waktu kelas 3 SMP. SPP selama 1 tahun tidak pernah saya bayarkan sama sekali. Sampai kelulusan ijazah saya masih ada di sekolah. Ijazah itu saya tebus sesaat setelah saya bekerja di proyek setelah saya lulus SMP. Dan setahun kemudian saya melanjutkan sekolah ke SMA.

Di kelas 2 SMP juga itulah saya mulai belajar bermain gitar. Sungguh bakat alam dan anugerah yang indah dari yang maha kuasa. Saya hanya melihat kemudian praktek dan bisa…. guru besar saya yang berjasa adalah Paino. Tapi entah dimana Paino sekarang. Paino adalah orang Tegal yang punya istri tetangga saya yang entah karna alasan apa dia pergi meninggalkan istri dan 3 orang anak.

Menginjak bangku SMA, saya mulai ngeBand dan mulai menulis lagu. Lagu yang pertama kali saya buat adalah lagu yang saya beri judul “#cinta pertama”. Tentu saja lagu itu bercerita tentang kisah cinta pertama saya. Bakat mencipta lagu saya termasuk otodidak, tidak terstruktur dan tidak sistematis, semua mengalir dari apa yang ada di otak dan hati saya.

Bahkan saya sendiri sampai lupa dengan lirik maupun syair lagu yang pernah saya ciptakan. Maklum di tahun saya produktif dan lagi on fire mencipta lagu, saya terkendala oleh alat perekam. Kalau gak salah sekitar tahun 2002. Saya cuma mengandalkan tulisan. Jika saya melihat tulisan lagu saya, saya jadi inget lagu ini cengkoknya seperti ini dan seterusnya. 

Sekarang semenjak bekerja di proyek, hampir saya tidak pernah bisa mencipta lagu. Terlalu capek untuk mengurusi hobi ataupun bakat. Tapi setidaknya masih ada beberapa lagu karya saya yang saya masih ingat. 

Huhhhh… malam sudah…semakin larut kawan. Sudah pukul 23.13 WIB. 47 menit menuju pukul 00.00 tepat di hari jadi saya yang ke 32 Tahun. Saat ini saya sedang berada di Jakarta, tepatnya di daerah Kebagusan Pasar minggu. Yahhhh… Daripada ngurusi sosmed yang ngalor-ngidul , saya memilih menulis. Melanjutkan hobi yang tertunda. Sudah lama sih.. saya pengen ngeBlog. Tapi terkendala waktu. Saya kerja dari pagi sampai malam terusssss…begitu setiap hari. Untung ada kawan lama saya sewaktu di bangku SMA yang mensuport saya menjadi Bloger. Sebut saja dia Ferbus. Yahhh… mudah-mudahan saya bisa membesarkan Blog saya ini. Saya bisa saja menulis Fiksi atau memplagiasi karya orang lain. Tapi saya lebih nyaman menulis dengan ‘suasana hati’ saya, setidaknya tanpa menyinggung siapapun tentunya. Atau saya yang terlalu jujur dan amatir. Aaaahhh…. sudahlahhh.. semua dengan karakter masing-masing.

Yakinnnn… udane iki deres banget… aku tak mapan turu disik lho ya….

About tulusmaholtra

apapun karyamu... tampilkan !!!!
This entry was posted in Tak Berkategori. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

