Pembodohan Sejak Dini

Pernah gak sih kita mendengar istilah “awas kalau gak mau makan nanti nasinya nangis”. Atau, “Kalau makan nasinya gak di habiskan nanti ayamnya mati”. Mungkin pernah, atau bahkan menjadi salah satu pelaku dari istilah ini.

<!–more–>

Kalau saya sih termasuk salah satu pelaku dari istilah-istilah tersebut. Tentu dengan istilah dengan jenis kebutuhan yang berbeda. Misalnya saja, ada anak kecil menangis dengan suara volume yang sangat keras dan durasi yang over bagi saya. Saya pun spontan berucap “awas lho kalau gak diam nanti di tangkap pak Polisi”. Dan anehnya, anak yang tadinya menangis itupun seketika berhenti menangis.

Lama kelamaan saya merasa aneh dengan diri saya. Entah kebetulan atau tidak, selama ini banyak sekali gambar Meme yang memang kebanyakan mengandung True Story singkat tentunya.

Apalagi semenjak ada istilah Logika macam apa ini. Istilah ini membuat saya berpikir lagi untuk mengulangi istilah yang saya sebut pembodohan sejak dini tersebut. Kenapa pembodohan dini? Ya… secara logika kan memang pembodohan. Masa iya kalau makan nasi gak habis, ayam bisa mati. Kan jauh banget dari akal sehat, walau jaman sekarang semuanya saling berhubungan kalau kita paksakan menghubungkanya. Dan istilah itu kita ucapkan berulang-ulang kepada anak-anak usia dini, sebut saja anak kecil.

Misalnya lagi ada peristiwa, ada anak kecil jatuh. Sebut saja dia jatuh tersandung batu saat lagi berlari. Disitu sering kita dengar istilah, kita menyuruh anak kecil memukul batunya atau memarahi batunya. Atau bahkan kita sendiri yang memukul batu atau memarahi batu tersebut. Inikan aneh…???

Maksud saya, sebagai orang dewasa dengan logika yang…yahhhh….sudah di atas rata-rata. Janganlah kita teruskan budaya istilah seperti ini. Karna dampaknya bagi anak kecil tidak bagus. Anak kecil itu,nantinya akan cenderung beranalogi yang aneh juga nantinya. Serta mudah menyalahkan objek lain, orang lain misalnya. Dan tidak mau perduli terhadap siklus proses. Dimana dari proses itulah, dapat di lihat bagaimana sebab akibat dari suatu peristiwa.

Oke… setuju kan?

Sekian dulu dari saya. Daaaaghhh…

About tulusmaholtra

apapun karyamu... tampilkan !!!!
This entry was posted in opini and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

