BANGGA KARENA SUDAH DI BODOHI

Berangkat dari keresahan saya terhadap situs yang wajahmu mirip artis inilah, kamu di masa depan jadi kudalah, tai kucinglah.

Entah orang cerdas mana yang telah membuat situs seperti ini. Tapi yang jelas orang ini secara tidak langsung telah membuat saya resah. Dan orang ini sangat jeli melihat pasar, dimana orang Indonesia sebagian besar adalah bertipe seperti apa yang dia pikirkan. Dan akhirnya…? Ya, berhasil. Buktinya setiap hari dia berhasil membuat beranda Fb saya penuh dengan tautan yang cenderung mengarah kepada prediksi & ramalan hasil mahakaryanya. Kalau anda seorang blogger, pasti anda tahu ‘hasil’ apa yang telah dia dapat dari meledaknya mahakarya ini.

Di negara demokrasi ini, bolehlah kita menghasilkan karya apa saja termasuk membuat situs seperti ini. Tapi alangkah lebih baik lagi jika kita membuat kontribusi yang lebih baik juga bagi bangsa kita yang tercinta ini. Karena bangsa ini membutuhkan orang-orang cerdas seperti anda para pembuat situs semacam ini. Untuk apa? Ya untuk ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara tentunya. Bukan malah membuat situs seperti ini. Karena situs ini menurut saya adalah situs pembodohan. Karena tidak rasional dan tidak masuk akal. Situs yang menurut saya cenderung mengarah kepada ramalan & prediksi. Apalagi bagi anda yang paham agama. Masa iya anda percaya pada hal seperti ini. Eits… Jangan mengelak kalau memang anda mempercayainya. Buktinya anda sudah masuk ke situs itu dan telah dengan sadar membagikannya ke Fb. Jangan bohong… Saya sudah lihat lho ya… ihhh…Lucu…Lucu bangettt…!!! Masa iya yang cowok wajahnya semua mirip sama Aliando. Kan keren bangettt….

 Logikanya wajah anda itu kan harusnya mirip sama orang tua atau saudara anda. Tapi memang ada beberapa orang yang bukan kerabat atau tidak mempunyai hubungan sedarah, wajahnya bisa mirip. Contoh saja misalnya acara di salah satu stasiun Tv swasta nasional yang nama acaranya ASP*L. Tapi ini kan pengecualian. Kasihan kan orang tua kita, yang sangat berharap wajah anda nantinya akan mirip dengan mereka setelah anda lahir nanti. Tapi kelakuan anda disini telah secara langsung atau tidak langsung sebenarnya telah melukai perasaan mereka. Untung saja orang tua anda tidak membaca status Fb anda. Kalaupun mereka tahu, pasti mereka juga akan memakluminya dan memaafkan anda. Tapi anda….? Ah…sudahlah.

Iseng boleh, hiburan boleh tapi mbok ya yang cerdaslah. Masa iya teman saya di Fb rata-rata yang perempuan wajahnya hanya mirip sama satu artis saja. Kan lucu banget tauk hahahaha….!!!

Inikan aneh!!! Gak usah berpikir 2 kali, ini sudah jelas aneh. 

Yang lebih aneh lagi, si pengguna Fb malah dengan bangga membagikan ke Fbnya. Tujuanya apa coba? Biar gaul ? Atau banyak like dan di komen bahwa dia paling istimewa di dunia yang fana ini. SALAH BESAR, Secara logika saja sudah salah. Opini orang tentang sesuatu itu bukan di ukur dari situs seperti ini. Kalau saya sih cuma senyum saja sambil berkata dalam hati “Yang di bohongi saja sangat senang, apalagi yang membohongi. Pasti lebih sangat senang sekali”. Maksudnya adalah, anda itu sedang di bodohi tapi anda malah bangga, dan alangkah lebih sangat bangga lagi orang yang membuat situs ini. Karena ya memang itu tujuan utamanya. Dia melihat celah dimana anda itu memang mudah di bodohi. Ouhhh…100 untuk sang pembuat situs.

Contoh lain adalah postingan berikut

Ini apa? Darimana rumusnya? Dasarnya apa? Untung saja orang yang di miripkan wajahnya sudah meninggal menurut buku sejarah IPS. Kalau dia masih hidup pasti dia sangat sedih. Sedih karena setiap hari wajahnya di fitnah. Dan lebih sedih lagi, dia di jadikan bahan komersil tapi tidak mendapat royalti. Dan tanpa anda sadari, anda sendiri sebenarnya secara tidak langsung juga sedang di fitnah oleh situs ini. Cuma dalam bentuk halus. Paham kan? Oke kalau belum paham. Begini, misalnya wajah anda jelek versi mulut teman atau versi mulut tetangga anda. Tapi di situs ini wajah anda di miripkan dengan artis papan atas yang wajahnya sudah tidak di ragukan lagi ketampanan atau kecantikannya. Anda malah bangga. Dimana letak kebanggaannya? Situs ini sedang menghina dan memfitnah anda. Anda malah bangga. Oke…Super sekali…!!!

Dan contoh lagi,

Tidak perlu menyewa ahli nujum atau Pak Roy Suryo. Dilihat sepintas saja sudah jelas kalau ini adalah sebuah pembodohan. Coba kita berfikir secara logika. Ada sebuah kota yang memanggil anda dan mengharap anda kembali ke sana. HELOWWW…EMANG SIAPA LO…? Mantannya? Terus manggilnya darimana? Dari situs ini? Cerdas sekali pola pikir anda. Secara tidak langsung pula anda ini juga telah berperan dalam menyebarkan Hoax. Kenapa hoax? Ya jelas hoaxlah. Kecuali anda itu memposting berita ini dari Menteri Pariwisata misalnya, atau dari Gubernur daerah itu sendiri. Itu baru fakta.

Memang kelihatannya sesuatu yang biasa di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Apalagi bagi anda yang pernah menggunakan jasa situs ini. Bahkan sepertinya  tidak terlihat ada sesuatu yang perlu untuk dipermasalahkan. Tapi tahukah anda, orang di sekitar saya menganggap anda ini seorang Alay. Karena memang terlihat alay setelah anda seolah-olah ingin terlihat kekinian dengan cara seperti ini.

Tapi sudahlah… Kita punya hak asasi masing-masing kok. Lebih baik mengurusi urusan diri sendiri dari pada sibuk mengurusi urusan hidup orang lain. Karena tidak ada kebenaran yang mutlak. Benar bagi anda belum tentu benar bagi saya, bahkan bagi orang lain.

Semoga saja anda yang sudah berperan dalam menggunakan situs ini adalah orang yang iseng atau sekedar menghibur diri saja, dan tidak lebih. Tapi yang jelas, gunakan media sosial dengan cerdas. Jualan misalnya, anda malah akan dapat penghasilan. Atau membagikan hal-hal yang positif. Resep masakan misalnya, atau ajakan berbuat kebaikan. Dan jangan pernah ragu untuk menjadi kritis untuk hal yang positif walaupun hanya sekali.

Cr: tulusmaholtra.wordpress.com

Advertisements

About tulusmaholtra

apapun karyamu... tampilkan !!!!
This entry was posted in opini and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s