Pengalaman Jadi Youtuber

Youtuber. Entah pekerjaan atau sebuah profesi,yang lebih tahu adalah mereka yang sudah lama di bidangnya. Entah sudah sukses atau masih menunggu gajian pertama dari youtube. Bahkan ada lho teman saya yang jadi youtuber tapi tidak jadi monetizer. Ketika saya tanya, jawabannya hanyalah sebuah hobi dan dedikasi saja.

Kita kembali ke bahasan pengalaman jadi youtuber. Sebagai youtuber dengan konten 99% asli video buatan sendiri, tentu sedikit ada kesulitan. Apalagi pekerjaan saya yang hanya seorang pekerja proyek bangunan tentunya. Dan konten saya, kebanyakan framenya tentang seputar proyek bangunan. Tapi, kalau saya sedang dirumah atau pulang kampung walaupun hanya seminggu dua minggu, saya paling bikin video Cover lagu atau bikin video lagu ciptaan saya sendiri. Maklum dulunya saya anak band.

Dan salah satu kesulitan saya mungkin terletak pada batre hp yang cepat habis, sedangkan moment selalu tak mau menunggu. Mau beli Action Cam ya belum ada budget yang cukup. Yang kedua mungkin pada mental, di mana kita harus minta ijin dulu kepada orang yang belum kita kenal yang akan kita video. Mungkin dia setuju untuk kita video atau malah kita di caci habis-habisan. Padahal niat kita sudah kita jelaskan dengan detail.

Seperti pengalaman yang saya alami. Hp saya pernah mau di hancurkan pakai Palu oleh seorang pekerja proyek. Ya…mungkin saya juga yang salah terlalu pede mengambil gambar orang ini. Karena selama ini dia jarang masuk frame saya.

Ceritanya begini. Pada zamen daholooooo….!!! Gak…gak…  Begini ceritanya. Ada satu rombongan pekerja dari suatu daerah yang kebetulan satu mandor sama saya. Jumlahnya puluhan pokoknya. Dari sebagian besar jumlah rombongan ini, mereka ada yang ingin di video setelah melihat beberapa dari teman mereka masuk Youtube di Channel saya tentunya.  Dan saya jelaskan juga bahwa selama ini saya memvideo dan saya upload ke Youtube cuma sebatas sebagai kenang-kenangan saja. Seandainya 10 tahun lagi situs Youtube masih ada, kita tinggal buka Youtube untuk mengenang masa-masa dimana kita pernah bekerja bersama. Tapi disitulah awal cerita hp saya mau di getok sama palu, dan saya di maki-maki. Ketika saya sedang mengambil gambar saat rombongan ini bekerja, ada beberapa orang dari rombongan ini yang menghampiri saya dan mau ngancurin hp saya. Tapi untung ada mandor di lokasi kejadian dan meredam suasana. Dan kebetulan juga mandornya teman seperjuangan saya waktu masih sama-sama jadi kuli. Walaupun nasib berkata lain, sekarang teman saya itu jadi atasan saya kalau di proyek. Tapi dia tetap rendah hati dan tidak angkuh walau dia mempunyai jabatan.

Tapi semua baik-baik saja. Saya merasa tidak ada masalah. Karena dari awal niat saya baik, hanya ingin memvideo sebagai kenang-kenangan dan saya memvideo juga karena ada beberapa orang dari rombongan ini yang menginginkannya. Tapi terkadang niat baik tidak selalu berbuah baik.

Oke…sekian dulu cerita tentang salah satu pengalaman pahit saya selama jadi youtuber. Terima kasih dan salam kuli bangunan.

About tulusmaholtra

apapun karyamu... tampilkan !!!!
This entry was posted in opini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

