Saya & Photography

Seni yang satu ini saya sangat menyukainya selain musik dan seni lainnya. Dan sayapun tidak menyangka bisa memegang kamera DSLR meski statusnya bukan milik saya sendiri tapi milik adik ipar saya. Awalnya adik saya ini membeli kamera DSLR dalam rangka apa saya juga tidak tahu. Ya menurut saya karena dia belum berkeluarga jadi ya mungkin untuk kebutuhan dia mengikuti perkembangan jaman bergaul dengan teman-temannya.

Tapi kayaknya adik saya ini pusing karena belum bisa mengoperasikan kamera ini. Dan benar saja. Adik saya menelepon saya karena memang pada waktu adik saya membeli kamera saya sedang berada di perantauan. Dia menelepon saya menanyakan bagaimana cara mengoperasikan kamera ini. Tentu saja saya juga tidak tahu karena memang saya tidak tahu. Mau apalagi. Tapi saya tidak kehilangan akal. Langsung saya inisiatif membuka Youtube melihat unboxing,review dan tutorial tentang tetek bengek kamera ini.

Singkat cerita saya pulang kampung. Dan saya mencoba menerapkan ilmu yang sudah saya dapat dari Youtube tentang kamera DSLR. Hasilnya waow !!! Bosok ! Ternyata memang susah mengoperasikan kamera DSLR. Tak semudah yang saya lihat di Youtube. Sewaktu saya mau jepret alias saya mau ngeshoot, ternyata warna tampilan layar kamera gelap dan hitam. Saya coba lihat di bagian jendela bidik (viewfinder) untuk mengincar ternyata juga gelap. Ada apa ini ? Apa error ya… gara-gara saya salah pencet. Saya bingung bukan main, sampai saya membuka buku panduan yang ada di box kamera. Tanpa saya sadar sepintas saya melihat ternyata lensa kameranya belum saya buka. Owalahhh…Pantesan wae kamerane peteng ndedhet lhawong tutupe durung dibukak. Untung tidak ada orang. Jadi cuma saya sendiri yang bisa mentertawakan diri saya. Tapi saya tidak putus asa. Saya terus mencoba sampai dapat hasil foto favorit saya. Yaitu foto dengan latar belakang yang blur atau bahasa kerennya foto bokeh. Senang bukan main walau masih dalam mode Auto pada waktu itu. Dan memang masih memakai lensa standar atau lensa kit, lensa bawaan dari kamera DSLR pada saat dulu membelinya.

Foto memakai mode Auto. Sudah bokeh belum sih?

Dan akhirnya saya harus pergi merantau lagi. Baru senang-senangnya belajar photography. Tapi okelah karena demi kebahagiaan anak dan istri saya harus kembali merantau. Rasa rindu saya pada sosok kamera DSLR saya lampiaskan dengan menonton Youtube, tentang kamera DSLR tentunya. Berharap jika nanti saya pulang kampung, rasa penasaran saya tentang foto bokeh yang bagus itu settingannya begini, foto panning itu begini dan seterusnya dan seterusnya.

Pulang kampung lagi ! Dan saatnya belajar foto lagi. Kali ini hasilnya lumayan (versi saya) untuk amatiran yang memakai mode Auto seperti saya. Trik foto bokeh sudah diluar kepala. Dan di sesi kedua saya belajar memakai DSLR saya sudah bisa tehnik Panning. Lagi-lagi Youtube yang berjasa. Tapi tetap saja ada Youtuber yang lebih penting perannya, karena berkat ilmu merekalah saya bisa mode ini dan mode itu.

ini foto Panning versi saya

Entah berapa kali sesi saya pergi ke perantauan dan pulang ke kampung. Seingat saya sudah hampir satu tahun sampai tulisan ini saya buat. Dan yang jelas saya tetap masih belum puas walaupun sudah tahu basic tentang cara memakai DSLR. Belum puas karena belum punya lensa Fix, Tripod serta batre cadangan. Belum punya karena pekerjaan saya yang sebagai kuli bangunan rejekinya belum ada sisa yang lebih untuk membeli barang-barang tersebut.

entah apa nam foto ini, tapi ini saya coba memakai mode M

Dan dari kamera DSLR saya kalau di tempat kerja (proyek) menjadi orang yang suka sekali memfoto apa saja. Ya nggak apa saja sih. Tergantung menarik tidaknya suatu obyek menurut saya pada waktu ingin mengambil foto.

Ini cerita saya tentang kamera DSLR. Apa ceritamu ?

Advertisements

About tulusmaholtra

apapun karyamu... tampilkan !!!!
This entry was posted in opini, Photography, Proyek Bangunan, sosial and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s