Saran Buat Facebooker Yang Hobi Sering Update Status

Salam Kuli Bangunan !

Pesbuk (Facebook). Pesbuk Tentunya sudah familiar di telinga kita semua. Bahkan ada yang punya akun pesbuk lebih dari satu. Entah untuk kepoin mantan atau mengintip status orang lain yang telah memblokir kita entah karena ada masalah apa yang kita tidak tahu sebelumnya. Di media sosial bernama pesbuk ini yang sangat saya sesalkan sekali adalah para pengguna pesbuk yang star syndrome (sok ngartis). Star syndrome yang dalam sudut pandang saya disini adalah mereka para pesbuker (pengguna pesbuk) yang amatir maupun yang sudah lama tapi tetap seperti pemain baru yang bisa di bilang terinspirasi entah dari artis idolanya, atau memang watak aslinya begitu, atau bahkan cuma ngikut-ngikut pesbuker lain tanpa mengindahkan bobot dari status yang dia posting. Menurut observasi saya di lapangan (ciyeee), tipe orang atau tipe pesbuker seperti ini, dalam satu jam saja makhluk yang bernama pesbuker dengan tipe seperti ini bisa puluhan kali dalam memposting sebuah status. Manfaatnya apa coba ? Dan dari sini saya bisa menyimpulkan, kita tidak perlu mengeluarkan biaya berjuta-juta untuk pergi ke psikolog demi untuk mengetahui karakter mental seseorang. Cukup dengan melihat postingan status yang dia tulis di media sosialnya. Tapi ini kesimpulan saya pribadi dan tidak paten.

Sedih lho jadi saya. Mau di blokir teman sendiri, tidak di blokir bikin darah tinggi. Dan yang bikin saya geli-geli geregetan adalah, status yang dia posting itu lho, lucu enggak, mengedukasi enggak, pokoknya nyebelin. Intinya apa yang dia alami pada saat itu, dia mempostingnya. Inikan ngartis banget kalau menurut saya. Kalau artis sudah tentu memang ada tuntutan dari para penggemarnya agar seorang artis terus mengupdate keseharian mereka dengan tujuan para penggemarnya tidak ketinggalan berita tentang keseharian dari artis tersebut. Lha kalau pesbuker dari kalangan biasa seperti saya misalnya. Kalau dipikir lebih dalam lagi pakai logika, rasa-rasanya kok ya aneh bangun tidur update status, mau mandi update status, habis mandi update status dan seterusnya dan seterusnya. Dan yang kasihan itu sebenarnya adalah orang tuanya. Karena dulu kalau ada anak yang baru lahir, biasanya di buatkan banner bertulisankan nama dan hari lahir anak tersebut. Dan harus di ingat, disitu juga tertulis do’asemoga kelak menjadi anak yang sholeh/sholehah berbakti kepada orangtua, berguna bagi nusa bangsa dan agama. Susah payah mereka membesarkan anaknya dengan tetesan keringat dan darah. Tapi anak yang selama ini mereka banggakan malah menjadi seperti sampah di beranda pesbuk

Saya malah senang sama orang yang jarang update status tapi kalau sekali bikin status ada pesan moralnya. Yang jualan online itu juga malah bagus, walaupun mereka juga nyampah di beranda pesbuk, tapi inilah salah satu contoh bentuk kecerdasan di media sosial, membuat sampah menjadi uang. Terus saya juga suka sama orang sering membagikan kiriman orang lain tapi kiriman itu bermanfaat, resep masakan misalnya, atau info seputar keagamaan. Jadi dalam konteks ini, pesbuk itu di gunakan dengan bijak serta cerdas juga mencerdaskan. Kalau saya sendiri ? Sekarang saya lebih cenderung menggunakan pesbuk hanya untuk jemuran saja. Yaitu jemuran untuk menjemur karya saya. Termasuk tulisan ini salah satunya.

Tapi lagi-lagi ya itu tadi, pesbuk-pesbuk guwe, ya terserah guwe. masalah buat Lohhhh !!!

Dari keresahan yang model seperti ini , atau yang orang sering update status tadi, orang ini sebenarnya punya potensi. Tapi sayangnya orang ini tidak menyadari potensi yang ada pada dirinya. Dulu waktu pertama kali mainan pesbuk saya juga pernah seperti ini. Apa saja di update. Tapi seiring berjalannya waktu, sifat pendewasaanlah yang lambat laun menghentikan kegiatan apa saja di update ini. Jujur, malu.

Terus yang paling penting menurut saya adalah, sesering apapun kita update status, masalah yang kita update , tetap adalah sebuah masalah. Dan tidak akan pernah selesai dengan sendirinya apalagi cuma dengan update status. Masuk akal bukan.

Saran saya adalah, kalau kalian suka curhat, ngomel, mengumpat atau apalah itu namanya yang disebut tulisan gak jelas dan tidak layak untuk dikonsumsi publik dan kalian cuma bikin sebel teman pesbuk yang lain karena setiap membuka beranda pesbuk isinya kalian lagi kalian lagi, cobalah untuk mulai menulis di Blog seperti saya. Di blog kalian bebas berekspresi. Yang penting jangan nyebut Merk aja.

Yang suka curhat, tulis curhatan kalian di Blog. Bisa dalam bentuk puisi atau cerpen. Bisa juga beropini. Menjadi seperti seorang wartawan juga bisa, apalagi yang hobi sepak bola. Malam nonton bola, setelah pertandingan selesai kalian tulis deh ulasan kalian di Blog tentang bagaimana jalannya pertandingan tadi. Dengan begitu, justru malah akan membuat kalian lebih kreatif dan imajinasi kita juga tidak sia-sia alias terselamatkan. Apalagi yang kalian tulis itu adalah sebuah hal yang bermanfaat. Sudah kreatif, dapat pahala, yang baca juga senang. Bisa -bisa orang tua kalian juga ikut bangga melihat anaknya jadi penulis yang di kagumi dan bisa menginspirasi orang. Tapi..,kalau kalian curhat di pesbuk, yang kalian dapat apa? Paling mentok dapat jabatan Alay.

Cara membuat Blog tidak sulit kok. Tingal tanya mbah Google. Hehehe…

Saya tidak bermaksud menggurui atau sok tehe. Tapi namanya saran, boleh dilaksanakan dan boleh tidak dilaksanakan. Yah…daripada jadi alay di pesbuk, mendingan nulis. Dapat jabatan sebagai Blogger. Walaupun artikel yang kita tulis tidak banyak dan tidak sebanyak Bloger lain pembacanya. Tapi setidaknya kita bisa merubah hal yang sia-sia menjadi lebih bermanfaat. Siapa tahu ada Sutradara lagi galau yang nyasar baca tulisan cerpen kalian. Dan siapa tahu juga dia tertarik dengan cerpen yang kalian tulis. Bisa jadi kalian yang dulu alay, berkat iseng menulis cerpen di Blog malah bisa menjadi seorang penulis skenario di sebuah Film. Ya…itu terlalu jauh sih. Tapi setidaknya ada semangatlah untuk merubah diri menjadi lebih baik serta cerdas mencerdaskan.

Oke sekain dari saya. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Salam Kuli Bangunan.

Advertisements

About tulusmaholtra

apapun karyamu... tampilkan !!!!
This entry was posted in Kehidupan, kuli bangunan, opini, Sahabat, sosial and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s