SETIDAKNYA, BEGINI ETIKA KETIKA MEMPOSTING ULANG SESUATU YANG BUKAN KARYA KITA

Halo gaes… Salam Kuli Bangunan. Dan masih bersama coretan seorang kuli bangunan di sini. Gak tahu nih, tiba-tiba pengen menulis tentang judul di atas.

Sudah tidak asing lagi bagi kita tentang istilah reupload atau repost, bahkan copas. Kadang saya jengkel sama anak-anak jaman now yang sok bijak dengan postingan statusnya yang menggunakan kata-kata mutiara atau kutipan milik orang lain tanpa mencantumkan nama atau sumber dari mana dia mencomot kutipan tersebut. Bagi tukang copas atau reupload, mungkin tak akan pernah tahu rasanya memeras otak, atau bahkan berani tampil gila di depan umum demi membuat sebuah karya.

Dulu sekitar tahun 2010, sewaktu saya baru awal-awal masuk ke warnet dan mengetahui istilah serta bagaimana cara mengcopas, bangga rasanya bisa membuat postingan yang kadang sebagian teman kita di media sosial tidak ada yang bisa seperti kita. Tapi seiring berjalanya waktu, lambat laun saya sudah mengurangi mencomot karya orang lain. Dan sempat waktu itu saya sudah kepikiran ingin mengupload lagu kuli bangunan ciptaan saya sendiri ke Youtube. Tapi saya masih ragu dan takut karya saya di ‘copas’ oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tapi seiring perkembangan jaman yang semakin canggih, akhirnya saya beranikan diri pada tahun 2017 ini mengupload lagu kuli bangunan ciptaan saya sendiri ke Youtube.

Adalah akun instagram milik @sofian_alhoob_2017 yang sering mengupload video milik orang lain. Tapi bedanya, beliau ini tetap mencantumkan dari mana sumber atau nama si pemilik video. Kalaupun dia tidak mengetahui nama atau sumber video itu berasal, dia tetap membuat berusaha membuat hastag yang berkaitan dengan video tersebut. Dan yang saya salut adalah, beliau ini tidak ‘mengkomersilkan’ video yang dia upload. Cukup fair bukan. Bahkan akun Instagramnya, followersnya lumayan banyak lho. Dan itu followers Ori, bukan hasil dari membeli followers. Nah disitulah saya bisa mengambil kesimpulan bahwa kita tidak perlu memaksakan sesuatu hal yang muluk-muluk, ternyata walaupun kita bukan seorang artis sekalipun, ternyata kita juga bisa punya followers banyak dan ori karena orang menyukai kita karena karya kita. Reupload juga termasuk karya, dengan catatan tetap menghargai siapa pembuat karya tersebut. 

Dan ternyata Mas @sofian_alhoob_2017 ini adalah seorang TKI yang bekerja di Arab Saudi. Dia berasal dari Madura. 

Dan secara tidak langsung, viewer lagu kuli bangunan ciptaan saya di Youtube bertambah adalah berkat reuplaodan dia di akun Instagramnya. Jadi banyak orang yang menyerbu chanel youtube saya hanya sekedar untuk melihat full version dari lagu kuli bangunan ciptaan saya di Youtube yang sebelumya di reupload mas @sofian_alhoob_2017 di akun instagramnya. Bayangkan, saya upload video lagu kuli bangunan ciptaan saya sendiri di Youtube selama 7 bulan baru dapat viewer sekitar 100an. Semenjak Mas @sofian_alhoob_2017 memajang video lagu kuli bangunan ciptaan saya di akun Instagramnya, viewr video lagu kuli bangunan ciptaan saya di Youtube bertambah banyak. Dan bahkan ada beberapa orang yang sudah masuk Televisi berkat jasa mas @sofian_alhoob_2017 di akun instagramnya.

Jadi intinya adalah, sebagai manusia normal dan makhluk yang bersertifikat sosial, kita berkewajiban saling menghargai satu sama lain. 

Dan untuk Mas @sofian_alhoob_2017 , terus hibur orang lain dengan cara anda sendiri Mas. Semoga sukses selalu menyertai anda. Salam untuk semua orang terkasih anda, Salam Kuli Bangunan.

Hormat Saya : Tulus Wahyudi

Advertisements

About tulusmaholtra

apapun karyamu... tampilkan !!!!
This entry was posted in opini and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s